Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Komonitas IKM BK MA Ma’arif Almuhtadi Sendangagung

MEDIA MALADI – Pada tanggal 29 Oktober 2024, MA Ma’arif Almuhtadi Sendangagung melaksanakan kegiatan Pendampingan Implementasi Kurikulum Merdeka berbasis Komunitas (IKM BK). Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung dan memperkuat penerapan Kurikulum Merdeka di sekolah, khususnya dalam lingkup mata pelajaran dan metode pembelajaran yang berbasis komunitas.

Kegiatan ini dihadiri oleh dua pengawas pembina dari Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, yaitu Drs. Mahfud Rodhi, M.Pd. dan Drs. Sarjono, M.Pd. Keduanya memberikan pendampingan langsung kepada para guru dan tenaga pendidik MA Ma’arif Almuhtadi dalam memahami serta menerapkan Kurikulum Merdeka, yang berfokus pada pemberdayaan komunitas melalui konsep IKM BK (Implementasi Kurikulum Merdeka Berbasis Komunitas).

Dalam sambutannya, Drs. Mahfud Rodhi, M.Pd., menyampaikan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka berbasis komunitas diharapkan mampu meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah dengan pendekatan yang relevan bagi siswa dan komunitas sekitar. “Kurikulum Merdeka ini memberikan ruang bagi para siswa untuk belajar lebih mandiri dan eksploratif. Dengan berbasis komunitas, proses belajar akan lebih kontekstual dan melibatkan lingkungan sekitar, sehingga siswa tidak hanya belajar dari buku, tetapi juga dari kehidupan nyata,” jelasnya.

Drs. Sarjono, M.Pd. juga memberikan arahan dan strategi implementasi kurikulum yang efektif bagi para guru. Ia menekankan pentingnya kolaborasi antar pendidik dan komunitas untuk memastikan keberhasilan kurikulum ini. “Kami berharap program ini dapat menjadi landasan bagi peningkatan kualitas pendidikan di MA Ma’arif Almuhtadi, di mana sekolah dan komunitas bekerja sama untuk menciptakan ekosistem pembelajaran yang positif dan inspiratif,” ungkap Drs. Sarjono.

Para guru dan staf MA Ma’arif Almuhtadi Sendangagung merespon positif kegiatan pendampingan ini. Mereka menyatakan kesiapannya untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka berbasis komunitas dengan penuh semangat dan berkomitmen untuk terus belajar agar dapat memberikan yang terbaik bagi para siswa.

Dengan pendampingan ini, diharapkan penerapan Kurikulum Merdeka di MA Ma’arif Almuhtadi Sendangagung akan semakin optimal dan berdampak positif terhadap perkembangan dan pencapaian siswa, sejalan dengan visi pendidikan yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan komunitas